Selasa, 31 Agustus 2021

gw ngobrol sama orang di pinggir jalan, mec

 Yo.


Gw tadinya mau nulis Puisi Jalan Pulang #19 tapi pas sebelum gw naik tram, gw diajak ngobrol sama orang yang lagi nongkrong di pinggir jalan.

Shoutout untuk Matias (entah gimana ejaannya), temennya yg pake kursi roda, dan 1 temennya yang lagi video call sama seseorang.


Ini pertama kalinya gw distop sama orang yang nongkrong di pinggir jalan. Dalam pikiran gw sih, orang ini rasanya emang lagi niat untuk cegat siapapun yang lewat & gw udah puas dengan kerjaan hari ini, jadinya gw terima pertemuan tsb dengan lapang dada.

Matias nebak kalo gw keturunan Polinesia. Gw koreksi kalo gw asal Indonesia. Mulailah celotehan dia soal Indonesia. Katanya Indonesia itu "syariah banget". Sebagai orang kristen (dia nunjukin tato salibnya), dia punya kesan negatif soal Indonesia. Gw bilang sih kalo gw kristen, tapi dia masih ngomong terus dan jadinya gak gw dengerin. Gw denger dia nyebut Malaysia & kalo Indonesia itu religius, tenang, dan komentar negatif dia itu mungkin kurang tepat intinya dan waktunya. Terus, Matias peluk gw dan gw rangkul balik dia. Temennya yg pake kursi roda motong pembicaraan, dia bilang kalo dia itu muslim. Terus gw ditanya kalo gw kerja di Airbus atau nggak dan gw bilang AKKA. Pas ditanya apakah gw kerja di bidang informatika, gw bilang aeronautika. Gw bilang juga kalo bidangnya beda, tapi mirip. Maksud gw mirip cara dan budaya kerjanya, tapi gw cuma kasih gestur tangan getar aja.

Perlu dicatet, sambil kita ngobrol, temennya yg lagi video call beberapa kali nyorot kita yg lagi ngobrol. Dia sempet bilang "Matias ngobrol sama orang yg dia gak kenal".

Akhirnya Matias lanjut ngobrol sama si video call. Gw pamit ke si kursi roda, fist bump, bonne soirée, dan gw cabut.


Perlu dicatet kalo kemampuan Bahasa Prancis gw masih patut dipertanyakan dan belum terasah, jadinya ada sebagian obrolan yang gw gak paham dan ada yang mau gw omongin tapi nyangkut di lidah.


Gitu deh.

Cerita ini nggak ada pesan moralnya. Gw cuma cerita tentang obrolan pertama gw dengan orang asing di pinggir jalan. Mungkin orang lain bakal menghindar, ngeles, kabur, takut, lari, senyum-senyum-jalan terus. Kali ini, gw hadapi langsung. Kombinasi capek kerja + gw mesti lewat jalan itu + fakta bahwa gw adalah gw memungkinkan terjadinya peristiwa ini. Gw sadar kalo di lain waktu, mungkin orang-orang yang nongkrong di pinggir jalan bisa bukan orang baik, bisa dibawah pengaruh alkohol/psikotropika, dan sebagainya.

Kali ini, gw ketemu trio Matias yg kristen, orang muslim dengan kursi roda, dan orang yg lagi video call.

Super random tapi super seru.


Yoho~

Tidak ada komentar :

Posting Komentar