Selasa, 29 Juni 2021

The Art of OverThinking (Perkenalan)

 Yo.


Gw akhirnya bisa bengong lagi karena akhirnya gw ke kantor lagi setelah sekian lamanya WFH dan 2 minggu terakhir ambil libur.

Otak gw rasanya tercerahkan. Langit terbelah, burung merpati melakukan akrobat.


Kali ini, gw akan menjelaskan gimana caranya menjadi seseorang yang lihai dalam berpikir kepanjangan alias overthinking.

Menurut gw, esensinya, seorang overthinker adalah orang yg hobinya mikir secara intens. Intensitasnya bisa dilihat dari beberapa sisi, misalnya jumlah hal yang dipikirin, seberapa pentingnya hal yang dipikirin, dan seberapa gentingnya hal yang dipikirin.

Gw rasa, terlalu banyak orang yang mengartikan seorang overthinker sebagai orang yg selalu/sering sedih karena banyak pikiran. Gw rasa mereka adalah overthinker yg masih noobie, yang masih hijau. Kalo Sun Tzu punya The Art of War, gw mau coba bikin The Art of Overthinking. Sebagai overthinker berpengalaman, gw ga bisa bikin lu balik lagi jadi seorang normie. Gw bisanya berusaha untuk bikin lu jadi overthinker yang handal, yang semoga gak nyusahin orang, atau yang semoga jadi lebih bahagia dalam hidupnya.


Mungkin gw ceritain terlebih dulu gw itu overthinker yg seperti apa. Bisa dibilang, dulu obsesi gw adalah untuk jadi lawannya kakak gw. Kalo dia yin, gw yang. Dia pemimpin grup, gw pengikut. Dia jago nampang, gw jago ngumpet. Dia rajin belajar, gw males belajar. Dia kota yang bersinar diatas bukit, gw kota tanpa lampu di dasar jurang. Dulu gw ga mikirin ini, tapi dengan segala perbedaan itu, bukannya gw ga mau berprestasi. Mungkin lu berpikir, "jangan-jangan kakaknya berprestasi, dia jadi pengen jeblok." Nggak juga. Gw pengen berprestasi, tapi sebisa mungkin bukan dengan cara yang udah kakak gw lakukan.

Masuklah kita ke gerbang pertama gw sebagai seorang overthinker. Kakak gw tegas, ga pikir panjang, dan gampang lupa hal-hal remeh. Gw tertarik untuk jadi kebalikannya; luntang-lantung, pikir panjang, dan ingat hal-hal remeh.

Gw gak yakin ini pengaruh dari kakak gw atau emang gw bawaannya begini, tapi gw sebagai bocah itu hobinya mempertanyakan hal-hal yang kayaknya ga perlu ditanya. Gw di area abu-abu antara pikiran filosofis, pikiran anak kecil yang emang masih bodoh, dan (yang ini pastinya bawaan gw) keinginan untuk bikin orang jadi mikir. Pertanyaan pertama gw yang mengguncang dunia (keluarga gw doang sih) adalah "Kenapa ular mencret?" Pastinya gw dulu hobi baca buku tentang binatang, khususnya serangga dan kadal, tapi waktu itu gw lagi liburan keluarga di Bali, posisinya baru sampe di depan penginapan dengan pohon beringin raksasa di depannya.

Momen menarik lain adalah pas gw diopname karena demam berdarah dengan jumlah trombosit terendah mencapai 43 (satuan trombosit). Bukan sesuatu yang membanggakan tapi gw jadi dapet sisi pandang lain soal kehidupan, sialnya ini cerita lain. Di hari ke sekian, gw lagi di ICU dan harus minum obat tertentu. Obatnya dikemas di tabung plastik mirip tabung untuk film kamera. Ada labelnya, tulisannya nama obatnya dan nama pasiennya. Pas gw liat kalo di tabung itu namanya bukan nama gw, gw tanya ke ibu gw sambil teler banget karena lagi dirawat. Setelah sekian menit, ibu gw akhirnya paham kalo maksud gw adalah kenapa bukan nama gw yang diobat itu dan mungkinkah kalo itu bukan buat gw. Ibu gw tanya suster, dan semuanya jadi jelas. Komentar terbaik jatuh ke komentar ibu gw, "Iya nih anaknya yang nyadar. Emang kritis dia." Sweet, sweet mother. Bisa dibilang, itu akan jadi dark joke terbaik dalam hidup gw. Super tulus, super faktual, dan super lucu buat gw.


Gitu deh sepenggal cerita tentang gw.
Maap kalo lu bosen karena gw udah nulis cerita-cerita di atas beberapa kali di blog ini. Maap juga karena lu jadi baca blog ini.

Sekian dulu.
Ciao.


Yoho~

Tidak ada komentar :

Posting Komentar