Rabu, 30 Juni 2021

The Art of Overthinking (Tujuan)

 Yo.


Kembali lagi ke tulisan gw yang mungkin nggak bermanfaat ini.
Serunya, gw masih mikir apakah gw mesti nyelesain tulisan ini atau nggak. Lumayan lho, jadi sedikit pengalih, bahkan penghibur, dari pikiran-pikiran lain yang mungkin bisa membuat gw jadi sedih atau nggak bersemangat.


Melalui kata-kata barusan, masuklah kita ke bagian berikutnya dari celotehan gw, yaitu tentang bagaimana menjadi orang yang hobinya mikir secara intens, yang hidupnya tenteram. Menurut gw, salah satu hal yang penting untuk dibahas adalah tujuan; kenapa lu mikir? Lebih tepatnya: kenapa lu harus mikir?

Mungkin lu pernah dapet komentar: Lu kok mikir terus sih? Mikirin apa sih? Mikirin itu doang? Lu kenapa gak mikirin yang lain yang lebih penting?
Dengan kata lain, lu mungkin gw ketika masih ada yang ngomentarin gw.
Kalo lu sealiran dengan gw, maka lu akan bilang dalam hati, "Selamat datang," sambil menyambut orang itu ke zona menarik dimana lu bisa bikin orang tersebut mikir dengan pemikiran lu. Super meta. Kemungkinan besar lu nggak ada komentar balesan dan cuma senyum atau nyengir aja.

Disinilah pentingnya tujuan dari pemikiran lu, untuk menjawab pertanyaan orang-orang yang penasaran. Justifikasi adalah salah satu kunci dari menjadi pemikir yang handal, setidaknya menurut gw.
Jawaban yang tepat bisa bikin orang jadi lebih simpatik dengan pemikiran lu, baik itu dengan mereka berhenti nanya karena lu ngasih jawaban yang memuaskan atau dengan ikut mikir karena mereka setuju bahwa pemikiran lu itu bermanfaat.


Studi kasus: "Kenapa awan itu berbentuk seperti domba?"
Kalo lu anak-anak, mungkin pertanyaan lu akan disambut dengan "ih, anak ini kreatif banget" oleh orang yang lebih tua dan "eh iya kok mirip domba, sih" oleh temen sebaya. Kalo lu punya KTP, mungkin lu akan disambut dengan "jangan berhenti kerja" oleh orang yang lebih tua dan "lu lagi giting?" oleh temen sebaya.
Coba bayangin kalo lu bikin komentar lanjutan semacam "Lu inget gak, dulu kayaknya kita seneng banget bisa ngeliat awan berbentuk hewan-hewan. Sekarang kita terlalu sibuk dengan keseharian kita."
Coba bayangin juga kalo lu sambung dengan "Oi, ini bukan urusan lu."
Coba juga "Terus awan yang disitu mirip Jabba The Hut!"
Jawaban yang makin mendukung asumsi kalo lu lagi high, jawaban yang ngajak berantem, atau jawaban yang mengundang pertanyaan lain, atau jawaban lain. Disinilah lu mungkin bisa mikirin poin lain yang menurut gw penting dan selaras dengan justifikasi yaitu pemahaman.
Lu yang tau lu lagi dimana, lu yang tau lu lagi sama siapa aja, lu yang tau perasaan mereka lagi gimana, lu yang tau lu mau terlihat seperti apa disitu.

Satu hal yang bisa bikin lu jadi pemikir yang tidak terintegrasi dengan masyarakat dan berpotensi mengurangi ketenteraman hidup lu adalah kalo lu gak paham lu lagi dimana dan lu nggak bisa menjelaskan situasi lu. Menurut gw, lebih baik lu bilang "awan itu menarik buat gw" dibanding "hah? ya gitu deh, hahaha (keringat dingin 2 tetes)."


Tulisan ini sebenernya adalah sarana bagi gw untuk ngekritik diri sendiri karena gw adalah tipe orang pendiam, jadinya gw overthinking dalam hati. Bukan sesuatu yang gw rekomendasiin untuk khalayak ramai, bukan sesuatu yang bisa diamalkan oleh semua orang, kayaknya.

Sekian dari gw untuk kali ini.
Arriverderci.


Yoho~

Tidak ada komentar :

Posting Komentar