Kamis, 01 Juli 2021

the Art of Overthinking (Dukungan)

 Yo.


Kembali lagi ke rangkaian tulisan yang patut dipertanyakan, IYKWIM.
100 poin untuk yang paham.
Kalo lu bisa bayangin berapa kali gw pikir ulang mau selesain tulisan ini atau nggak, lu dapet bonus 50 poin.


Diketahui : Gw hobi mikir.
Ditanyakan : Bagaimana gw bisa selalu mikir, tanpa beban, tanpa henti?
Jawab : Gw menempatkan diri di lingkungan yang mendukung.

Gw mungkin pernah cerita di blog ini, tapi biasanya gw cenderung deket ke orang-orang yang penuh aksi, sebagian bukan tipe yang berprestasi di kelas, sebagian sangat ambisius, sebagian bisa disebut sebagai bully, dan pernah ada yang nggak naik kelas. Dalam hubungan ini, yang gw dapet minimal 1 hal: gw bisa jadi pemikir dan dia yang penuh aksi. Sebagai seorang pemikir, kekurangan gw adalah di bagian aksi, terutama karena gw kekurangan inisiatif dan nggak kompetitif. Gw dapet aksi, kompetisi, dan keseruan dari temen-temen gw. Keseimbangan adalah kunci. Kalo lu adalah pemikir di grup pertemanan lu, maka peran-peran lain harus diisi supaya grup lu fungsional dan tahan lama.

Kalo dari sisi keluarga, gw bener-bener merasakan harta yang paling berharga. Gw ga pernah ngakuin ini dan rasanya gw baru bener-bener mikirin ini setelah gw akhirnya mulai kerja, tapi gw mendapat anugrah keluarga inti yang cocok banget buat gw.

Bapak gw sampai saat ini masih dengan 1 prinsip: terserah lu selama lu nggak bikin masalah. Mungkin masuk ranking top 5 di kelas selama SD dan SMA (masa SMP gw ga keitung karena gw lagi penyesuaian sekolah swasta ke sekolah negeri) & IPK diatas 3,5 itu berat buat lu, tapi itulah yg gw lakukan supaya gw punya ruang dan waktu untuk melakukan yang gw mau dengan restu sepenuhnya dari bapak gw, Der Weise Vater.

Ibu gw sampai saat ini masih orang yang sama: orang yang selera makanannya sama dengan gw, orang yang selera humornya gw dukung sepenuhnya, dan orang yang bisa dan mau duduk di sebelah gw tanpa alasan apapun. Beliau juga adalah orang yang punya kata-kata bijak yang, untuk sekarang, paling ngena untuk gw: Ga usah dipikirin, dek. Gw rasa frase itu adalah frase terbaik untuk membawa gw kembali ke mode aktif dan produktif. Gw rasa ada kalanya gw bisa mikir berlebihan, baik dari sisi waktu dan intensitas. Dengan frase itu, gw ditarik ke bumi, gw jadi menapak di tanah lagi, dan gw bisa melakukan yang mesti dilakukan, membereskan yang mesti dibereskan, supaya gw bisa mikirin hal-hal lain. Salut untuk La Signora Grande.

Kakak gw adalah kebalikan gw. Dia pemimpin barisan, pembuat keputusan, pengambil langkah pertama, khususnya di hal-hal yang penting untuk kebanyakan orang. Gw jadinya bisa lebih santai, gw bisa jalan di belakang, dan gw punya waktu untuk mikir. Untuk hal-hal yang biasanya remeh untuk kebanyakan orang, misalnya soal tips dan trik penggunaan internet dan soal game, gw biasanya perlu menuntun kakak gw, tapi untungnya jarang. Sekali lagi, keseimbangan.

Kalo dari sisi lingkungan luar, gw diberkahi dengan aura introvert dan tendensi antisosial, jadinya gw condong ke arah "lu terserah mau nganggep gw apa karena nggak akan ngaruh ke gw". Kadang-kadang gw agak terganggu sih dengan tetangga, temennya temen, keluarga besar, dan orang asing kalo mereka mengganggu keluarga inti gw. Untungnya, ini jarang terjadi, jadinya gw selesain satu persatu sebagai kasus khusus.


Gitu deh kalo untuk gw.
Gw memulai hidup dengan berkah lingkungan yang mendukung dan dalam perkembangannya gw menjaga berkah tersebut dengan berusaha berada di tempat yang tepat di waktu yang tepat. Sampai saat ini, gw rasa gw masih jadi pemikir yang terintegrasi ke lingkungan gw karena hal-hal diatas.
Sekian dulu.
Ciao.


Yoho~

Tidak ada komentar :

Posting Komentar