Kamis, 30 Juli 2020

Belajar Prancis: Selamat datang di rumahku

Yo.

Apakah aku sudah bicara tentang Bordeaux?
Di dermaganya, kita suka memanggil para perempuan yang cantik seperti cannelé
Aku melihat luasnya perkebunan anggur melalui jendela bulat
Cermin, cermin air, katakan padaku siapakah yang paling cantik

Aku melewati Normandie, aku melihat kota-kota dan pantai-pantai
Jujur saja, saya melihat lebih banyak sapi
Saya melihat singa-singa jantan dan betina dengan hati membara
Surga penuh kedamaian ketika aku melewati Rouen

Satu pemberhentian di Lille, faktanya bukan kota yang paling indah
Tapi di alun-alunnya, aku merasa bebas
Merasa kecil, merasa ch'ti dalam dekorasinya
Orang-orangnya lebih hangat dari udara diluar

Aku melewati Lyon dan aku tidak langsung mengerti
Waktu aku bilang "Bonjour", mereka menjawab "69 la trik"
Aku nongkrong di Place Bellecour bersama semua teman-teman
Mereka bilang kalau di Saint-Etienne, orang-orangnya bajingan

Aku harus bicara padamu tentang Marseille, pelabuhannya, jalanannya yang sedikit kotor
Dan aku mendapatkan logatnya ketika bernyanyi di stadion
Di tengah mulut besarnya, aku meras kecil
Aku mendengar suara jangkrik tapi bukan suara Kalash

Aku pergi ke Saint-Etienne untuk mencari udara segar
Memaksa diriku untuk memakai seragam hijau yang payah
Aku nongkrong di Rue des Martyrs bersama semua teman-teman
Mereka bilang kalau di Lyon, orang-orangnya bajingan

Selamat datang di rumahku
Mau kamu datang dari kota besar atau dari desa kecil
Kamu harus melihatnya
Perempuan disini cantik-cantik, pemandangannya lebih cantik
Datanglah dan berkelilinglah di rumahku
Datanglah dan berkelilinglah di rumahku
Datanglah dan berkelilinglah di rumahku

Di Brest dan Rennes, aku merasa sedikit bodoh
Ketika orang-orang bilang mereka bukan orang Prancis, tapi Breton
Para pelaut berhati besar, sedikit terlalu mabuk
Melaut di lautan sider

Satu hari di Paris dan Notre-Dame membuat heboh
Dia bilang aku terlalu lambat dan logat kecilku menyebalkan
Dia itu mendesak, menindas, dia itu membuat stres dan kejam
Dia itu menyakitkan, dia itu menakutkan tapi sialnya, itulah kenapa dia cantik

Aku pergi ke satu pulau, gunung apinya membuka tangannya padaku
Dan lautnya berbisik: "Pulau Reunion"
Tidak ada agama atau warna di fotonya
Adu mulut, itu sama langkanya dengan melihat dodo

Kamu tidak tahu Montpellier? Pantainya dekat dari sini
Kita menghabiskan siang hari di Place de la Comédie
Kita santai tapi kita percaya bahwa kita tidak malas
Arena Nimes hingga hutam palem di Perpignan

Aku pergi ke Strasbourg, aku bertemu lagi dengan kugelhopf di bawah siku
Gilanya di mulutku masih ada rasa sauerkraut
Keindahan dari perbatasan heksagon
Dan aku tulis kalimat ini dengan bulu bangau

Selamat datang di rumahku
Mau kamu datang dari kota besar atau dari desa kecil
Kamu harus melihatnya
Perempuan disini cantik-cantik, pemandangannya lebih cantik
Datanglah dan berkelilinglah di rumahku
Datanglah dan berkelilinglah di rumahku
Datanglah dan berkelilinglah di rumahku

Aku pergi ke Belgia, logis, aku penuh dengan kentang goreng
Aku yakin aku melihat bir keluar dari Manneken Pis
Kehidupan terlihat ketika alun-alunnya menjadi hidup
Aku kesana terlalu sering, aku merasa seperti melihat keluarga, ya begitu

Di Nantes, aku memulai safari raksasa
Aku melihat kenari terbang mengelilingi gajah
Aku melihat kicker, skipper, kiffeur
Satu-satunya tempat dimana aku bertemu pengedar mentega kecil

Pertama kali di Korsika : kejutannya, tanahnya, lautnya
Awalnya, aku bergumul dengan karakternya
Di teras, lelucon orang tua membuatku tersenyum
Aku tidak mau pergi, tidak mau naik feri lagi

Aku dilahirkan di Toulouse, pastinya, aku tidak terlalu jujur
Dia melihat langkah pertamaku dan menyokongku setiap waktu
Dan kamu akan bertanya kepada semua yang tahu
Mereka akan berkata padamu : "Inilah kota palin indah di dunia"

Selamat datang di rumahku
Mau kamu datang dari kota besar atau dari desa kecil
Kamu harus melihatnya
Perempuan disini cantik-cantik, pemandangannya lebih cantik
Datanglah dan berkelilinglah di rumahku
Datanglah dan berkelilinglah di rumahku
Datanglah dan berkelilinglah di rumahku
Selamat datang di rumahku
Mau kamu datang dari kota besar atau dari desa kecil
Kamu harus melihatnya
Perempuan disini cantik-cantik, pemandangannya lebih cantik
Datanglah dan berkelilinglah di rumahku
Datanglah dan berkelilinglah di rumahku
Datanglah dan berkelilinglah di rumahku

Sumber: https://genius.com/Bigflo-and-oli-bienvenue-chez-moi-lyrics
Yoho~

Tidak ada komentar :

Posting Komentar