Kamis, 26 November 2020

gua pengen ngomongin makanan terenak sepanjang masa x2

 Yo.


Gua inget untuk nulis! Yey!

Gua baru selesai kerja (laptop kantor belum gua matiin sih) dan gua lagi mikir soal makan malem, jadinya gua rasa ini waktu yang cocok untuk ngomongin makanan. Tadinya gua mau ngomongin soal mainan / permainan / olahraga favorit gua dulu, tapi lain hari aja kayaknya.


Makanan!

Gua yakin kalo gua pernah nyebut kombinasi makanan ini, bisa jadi gua pernah unggah gambar makanan ini ke blog ini pas gua ngegambar terus selama 30 hari. Menu makanan favorit gua adalah nasi + ikan cuek goreng + tumis kangkung + sambel yang dibuat oleh ibu gua. Kalo gua bisa milih bahan-bahannya, gua mau nasinya yang nggak terlalu pulen, mungkin lebih ke perak (kalo lu mikir ada nasi silver, kita nggak cocok), ikan cueknya yang dikemas di keranjang kecil dari anyaman bambu (legendaris), dan sambelnya pake cabe merah kriting, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat (dan mungkin sedikit gula) yang ditumis sebentar dulu sebelum diulek. Very nice.

Lu mungkin berpikir, "Eh kampret, lu jelasin panjang2 sampe gua gamau baca, terus begitu gua baca ternyata itu bukan 1 makanan, tapi kombinasi beberapa masakan. Mau lu apa sih !?" Gua mau kangkung karena ga ada di sekitar tempat gua tinggal sekarang. Itu yang gua mau.

Kalau lu merasa penjelasan gua sebelumnya itu bukan tentang "1 makanan", mungkin lu punya poin yang layak untuk didiskusikan. Gua punya 1 opsi lain yang juga kandidat kuat sebagai makanan favorit gua. Gimana kalo bakso buatan ibu gua? Bakso dari tukang sayur andalan ibu gua, rempah-rempah pilihan, tulang sapi pilihan, caisim + bihun + sambel untuk pelengkap, nasi untuk mengenyangkan.

Cuk gua hampir ngiler ngomongin ini.

Mungkin lu berpikir lagi, "Kayaknya lu cuma lagi pengen makanan itu aja deh!" Gua setuju kalo gua selalu pengen makan masakan yang gua sebutkan di atas, tapi dengan rahmat Tuhan, gua lagi kerja di negeri orang yang secara tradisional nggak menyajikan bahan-bahan masakan yang gua inginkan, sehingga gua cuma bisa ngiler kalo menyinggung makanan di atas. Kurang asem sih, tapi ya apa boleh buat.


Gua pernah nyoba buat semacam "bakso tak sampai" sih. Gua pake sosis yang dibentuk bulat karena di supermarket terdekat nggak ada bakso. Gua berusaha pake daging sapi bertulang untuk bikin kuahnya, dan hasilnya super menarik. Gua pake bihun yang nggak licin, karena adanya itu dan jadi kejutan menyenangkan karena gua emang sukanya yang gitu.

Kesimpulan 1: Kombinasi daging sapi bertulang yang tepat dan kadar garam yang tepat adalah kunci untuk kuah yang nggak cuma layak dimakan, tapi juga membanggakan dan memuaskan hati.

Kesimpulan 2: Sosis yang dibulatkan tidak sama dengan bakso, minimal dalam hal kepuasan saat dimakan.

Mungkin kalo gua ada eksperimen makanan lagi, bakal gua tulis resepnya disini. Gua udah pernah nulis beberapa Microwave Cooking (atau entah apa judulnya, gua udah lupa) sih, tapi setelah gua pindah apartemen dan punya dapur kecil, gua belom pernah nulis resep lagi. Yey konten!


Gua udah gatau mau nulis apa lagi, jadi rasanya ini saatnya gua menyudahi postingan ini. Dari sekian banyaknya obrolan tentang makanan, bahan masakan, harga makanan, tempat makan, dkk, gua paling inget sama omongan salah satu guru gua pas SMA. Omongan beliau masih gua pegang sampe saat ini. Waktu itu, guru ini bilang sesuatu yang gua pahami sebagai "soal makanan, makan yang enak terus aja, nggak peduli apakah itu makanan sehat atau nggak karena kamu bisa sehat kalau kamu makan dengan bahagia." Mungkin lu pikir gua salah denger karena omongan macam apa itu barusan. Mungkin lu benar. Mungkin gua salah denger dan udah kebanyakan muter-muterin omongan itu di kepala gua sampe gua inget maknanya doang walaupun mungkin makna itu salah. Mungkin tulisan gua hari ini nggak ada esensinya sama sekali. Tapi inilah prinsip gua saat milih makanan: Yang enak dulu, baru yang sehat.

Bukan berarti gua nggak mau makan secara sehat, tapi gua mau makan makanan sehat yang enak. Apalah artinya jus sayur kalau lu bisa tumis itu sayur. Apalah artinya tablet vitamin C kalau lu bisa makan jeruk mandarin. Apalah artinya makan, kalau nggak ada kamu disampingku. Otak gua udah menyimpang, jadinya gua pamit dulu untuk hari ini.


Yoho~

Tidak ada komentar :

Posting Komentar