Kamis, 28 Desember 2017

In-Depth Scribbles : Ghost Story (???)

Yo.
Tulisan serius nih.
Nggak juga sih.
Gua cuma mau berbagi pengalaman pribadi aja.
100% kisah nyata.
100% tidak ditulis dengan baik.
.
.
Gua mau cerita tentang pengalaman gua dengan dunia hantu.
Q : Apa motivasi anda menulis tentang ini sekarang?
A : Karena tadi jam 2 pagi, gua mengalami sesuatu yang kurang menyenangkan dan menurut gua, dengan menulis ini, gua akan merasa lebih baik.
Kalau lu merasa, "Oooh! Ini akan sangat menyeramkan!", SELAW!
Skill menulis gua belum bisa membuat lu merinding!
Dan pastinya cerita-cerita ini kurang menarik dan mengundang. Dan gua bakal tulis dengan ringkas, jadinya mungkin setup-nya kurang mantep ke punchline-nya.
Entahlah.
Baca aja kalau mau.
.
.
Pengalaman pertama : Pantulan di layar laptop.
Waktu itu, kayaknya gua masih SMP atau baru masuk SMA. Entahlah. Sudah lama sekali.
Situasi : Gua sendirian di rumah, laptopan, belakang gua adalah tangga ke lantai 2 dan kolong tangganya.
Gua cuma main aja waktu itu. Main dan main dan main.
Tiba-tiba, gua mulai merasa "sendirian". Oke. Nggak oke.
Sejauh yang gua inget, gua "melihat" ada jaket kulit tergantung di sisi tangga dan begitu gua cek, tentunya, nggak ada jaket kulit tergantung.
Ketika gua pikir lagi, emang nggak ada yang punya jaket kulit di rumah gua pada waktu itu.
Apapun itu yang gua liat, entah beneran ada, entah cuma imajinasi, gua beneran ketakutan sampe 15 menitan sampai akhirnya gua buka 9gag atau Na9a atau semacamnya.
.
.
Pengalaman selanjutnya : "Ketindihan".
Q : Lu cuma punya 2 macam peristiwa mistis ?
A : Yes.
Q : WHAT?
A : Tapi yang kedua ini bisa dibilang, pada suatu masa, kejadian hampir tiap hari.
Lokasi : kamar gua di Markas Besar, kamar kos gua di Surabaya, dan kamar apartemen gua di Toulouse.
Proses : Gua tidur => Gua bangun => "Oh, belum alarm. Tidur lagi ah." => Muncul sensasi yang khas (menurut gua, kalau lu pernah 'ketindihan', lu merasakan sensasi yang sama. Kalau ada yang pengalaman / paham soal ini, monggo berbagi.) => Gua 'ketindihan' => Gua berusaha lepas dari kondisi itu => Gua bangun dan merasa tidak nyaman.
Ini mulainya pas gua SMA kelas 3, kalau nggak salah. Kayaknya waktu itu gua baru mulai intensif persiapan Ujian Nasional di sekolah. Dan seinget gua, tepat setelah malamnya gua 'ketindihan', besoknya gua nemu meme tentang itu di Na9a.
Coincidence??? I think not!
Pas awal kuliah, tadinya kejadiannya bisa sebulan sekali. Di tahun kedua, begitu gua masuk organisasi jurusan, jadi bisa seminggu sekali. Seminggu 3 kali juga pernah.
Sekarang, sebegitu jauhnya gua dari tanah air, masih kejadian aja. Baru 2 kali sih disini. Yang terbaru, tadi pagi jam 2. Saking menariknya kejadian tadi, gua sampe mau nulis ini. Nice.
Yang unik:
1. Pernah 1 kali, posisi gua adalah tidur nyamping menghadap kanan. Yang gua rasakan adalah ada sesuatu rebahan di belakang gua, di ranjang gua, dan untuk sesaat gua rasa ada rambut panjang masuk ke penglihatan gua. Uuuuuu~~~
2. Pernah 1 kali, posisi gua tidur terlentang, dan gua udah nutup mata (pencegahan selalu lebih baik). Yang gua rasakan adalah ada sesuatu di depan muka gua. Kalau lu bisa membayangkan perasaan gua saat itu, selamat! Kalau nggak bisa, coba deh tengkurap diatas seseorang pas dia lagi tidur terlentang.
3. Ini yang barusan kejadian. Gua lagi kebangun, mulut dan tenggorokan terasa kering. "Ah, ini pasti karena gua tidur dengan mulut terbuka. Tidur lagi dulu deh". Terus gua masuk ke mimpi. Gimana caranya gua tau ini mimpi? Karena gua merasa sudah bangun tapi masih berbaring di kamar gua dan tiba-tiba ada seorang wanita tidak dikenal masuk begitu saja. Di dalam mimpi, gua panik dan gua jadi terbangun dan BOOM! GUA 'KETINDIHAN' ! APA-APAAN INI??? Apakah mimpi gua adalah semacam pertanda? Sambil gua mikir itu, gua merasakan tempat tidur gua ditarik ke samping (FYI, tempat tidur gua adalah tipe yang terpasang ke tembok, jadi pas gua ngerasain ini, gua panik beneran). PANIK! PANIK! Gua coba ngomong, nggak bisa keluar kata-kata yang utuh. Setelah sekitar 1 menit, gua kebangun beneran dan setelah 5 menit, gua bisa tidur lagi sampai alarm akhirnya berbunyi.
.
Hipotesis & Data.
Dari pengalaman gua tersebut, gua jadi mikir dong.
Apakah penyebabnya?
1. Hipotesis : Mungkin karena gua kelelahan sebelum tidur.
Data : Pas gua kelelahan karena Tugas Akhir, misalnya, gua tidur dengan baik-baik aja.
2. Hipotesis : Mungkin pikiran gua sendiri yang menciptakannya.
Data : Gua memang pernah beberapa kali "berusaha untuk menciptakan kondisi 'ketindihan'" dan pernah beberapa kali berhasil, tapi mayoritas kasus adalah diluar keinginan gua.
3. Hipotesis : Mungkin memang ada hantu di tempat gua tidur.
Data : Gua mengalaminya di beberapa tempat, jadi malah muncul pertanyaan lain seperti "Apakah gua memang tidur di kamar yang berhantu?" dan "Mungkinkah gua seperti anak di film Insidious, dimana gua yang dihantui dan bukan tempat gua tinggal ?"
4. Hipotesis : Mungkin dari bahan makanan yang gua konsumsi sebelum tidur.
Data : Waktu kuliah, bisa jadi sih gua makan menu yang sama nyaris tiap malam. Tapi waktu di rumah / di apartemen sekarang, gua nggak makan menu yang sama.
5. Hipotesis : Mungkin dari kegiatan yang gua lakukan sebelum tidur.
Data : Gua akan setuju untuk "gua internetan di laptop sebelum tidur" untuk setiap kejadian, tapi konten yang gua konsumsi beragam, mulai dari tema horor, komedi, mainan, sampai film aksi/sci-fi.
6. Hipotesis : Mungkin dari kondisi lingkungan gua ketika tidur.
Data : Gua akan setuju untuk "kamar gelap, lingkungan sunyi, dan ada kipas angin nyala di dalam ruangan". Suhu ruangan, variasinya cukup besar. Kelembaban ruangan, variasinya cukup besar.
.
.
Kayaknya segitu dulu deh untuk kali ini.
Data yang gua punya kurang banyak dan kurang menjurus ke suatu variabel.
Demi sains, gua akan dengan senang hati melakukan eksperimen lagi asalkan bisa muncul kesimpulan yang sebenar-benarnya.
Sampai jumpa.
Gua mesti nyiapin buat makan siang.
Ciao!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar