Senin, 21 Desember 2020

gua pengen cerita pas gua diopname karena demam berdarah, bagian 2 x26

 Yo.


...

Lanjut!

...


Begitu hasil tes darahnya keluar, voila! gua dikabarin kalo gua terkena Dead By Daylight, ralat, Deman Berdarah Dengue alias DBD alias DB.

"Tuh kan, dibilang juga apa!" Kata La Signora Grande.

"Ya kan baru tau pastinya," kata gua.

Opname! Tadinya sempet dibahas kalo gua mungkin bakal diopname di ruang rawat, tapi begitu hasil tesnya keluar, gua dibawanya langsung ke ICU. Gokil. Jujur, sebagian diri gua merasa bersyukur karena gua ditempatin di ICU karena gua belom pernah masuk ke ruang ICU. Dulu pas gua masih SD, pernah ada anggota keluarga besar gua dirawat di rumah sakit, di ruang ICU, tapi waktu itu gua nggak boleh masuk dan cuma nunggu di bangku-bangku diluarnya. Kali ini, gua dapet akses eksklusif. Very nice. Kurang sip karena gua jadi pasien, tapi gua tetep tertarik untuk masuk ICU.

Gua nggak inget detail isi ruang ICU kayak apa sih. Salahin badan gua yang lagi gak karuan. Gua ingetnya cuma pintu masuk dari lorong rumah sakit ada di sisi depan-kiri gua dan gua ada di tempat tidur ketiga dari kanan (arah orang yang baru masuk, begitu mereka nengok kanan).

Infus itu nggak asik ya. Super penting sih, tapi kegendutan gua agak nyusahin suster yang masang infus gua. Perlu beberapa tojosan sampe posisinya pas. Ini juga jadi masalah kalo darah gua perlu diambil untuk diperiksa. Never again, I hope to myself. Minimal 3 tojosan untuk diambil darahnya itu bukan sesuatu yang asik.

Ganti posisi infus juga nggak asik. Sejak gua di UGD, sebelum resmi masuk ICU, gua diinfus di pergelangan tangan kanan. Setelah beberapa hari, gua berasa kalo jarum infusnya agak longgar, serasa tekanan darah gua ngedorong jarumnya keluar. Gua terganggu banget karena ada rasa "goyang-goyang kayak nggak pas posisinya" mirip gigi yang goyang dan akan dicabut. Sialnya gua terlalu lemah untuk berkomentar. Akhirnya infusnya lepas sendiri, dan keputusan seseorang (bukan gua) waktu itu adalah pindahin infusnya ke pergelangan tangan kiri gua. Pas nyari titiknya, agak susah juga dan butuh beberapa tojosan. Bekas infusnya masih ada. Gua lagi ngeliatin bekasnya. Bisa dibilang, bekas ini adalah pengingat untuk gua kalo gua pernah dirawat di ICU karena DBD.


Nah, sekarang kita masuk ke bagian yang bisa jadi 100% imajinasi gua. Gua bilang gini karena nggak ada saksi dari keluarga gua yang bisa membenarkan cerita di bawah.

Kateter urin itu juga nggak asik. Gua yakin kalo awalnya gua dikasih wadah khusus (bentuknya bisa dibilang mirip jerigen minyak, dengan bentuk yang disesuaikan) untuk nampung kencing gua. Maklum, gua nggak dibolehin bangun dari tempat tidur. Suatu malam, entah hari keberapa gua di ICU, gua inget ada suster yang nyoba pasang kateter urin untuk gua. Cerita singkatnya, sensasinya aneh banget pas dimasukin, dan, pas akhirnya sampe ke kandung kemih gua, ada muncratan kencing. Gua pilih "ada muncratan" karena bukan atas kehendak gua. Jalurnya dibuka oleh selang kateter urinnya dan apalah daya gua untuk menahan tekanan air kencing yang ada.

Setelah itu, ingatan gua kabur tentang berapa lama kateter urinnya kepasang. Ini yang bikin gua ga yakin kalo gua pernah dipasangin kateter urin. Setelah beberapa saat (detik, hari, entahlah) kateter urinnya dilepas. Sensasinya aneh juga.

OH OH OH. Gua rasa gua beneran dipasangin kateter urin! Ini gua ingetnya sambil nulis postingan ini. Gua inget ada kebahagiaan pas akhirnya kantong penampung kencing gua cepet banget penuhnya dan akhirnya ada keputusan kalo kateter gua bisa dicabut dan gua boleh kencing di jerigen spesial itu lagi.

Ralat pernyataan gua tentang kurang yakinnya gua atas peristiwa diatas.


Cerita lainnya pas gua masih di ICU, gua sempet mimpi sesuatu yang aneh banget.

Gua mimpi kalo suatu malem gua bangun dari tempat tidur. Gua cabut infus di tangan kanan gua. Terus, gua keluar lewat jendela yang ada di kanan tempat tidur gua (disitu kayaknya nggak ada jendela deh, tapi ada atau nggaknya jendela nggak penting buat gua waktu itu, jadinya gua nggak perhatiin dan akhirnya gua nggak inget). Gua jadi berdiri di pijakan kecil, mungkin lu bisa kebayang kayak di film kalo ada orang jalan di pijakan diluar jendela pas kabur dari pengejar gitu. Di lahan di sisi rumah sakit, ada lapangan olahraga, kalo nggak salah lapangan bola. Agak jauhan, ada bukit yang tingginya sampai setinggi bangunan rumah sakit. Lerengnya nggak terlalu terjal dan ketutup rumput, kesannya bisa dijajaki dengan gampang.

Mimpi gua berhenti disitu. Setelah itu, seinget gua, gua bangun dari tidur dan keseharian ICU gua berlanjut.

Mungkinkah gua mimpi itu karena gua bosen udah beberapa hari di ICU? Mungkin. Pastinya itu bukan kenyataan berdasarkan posisi rumah sakit dan lingkungan sekitarnya dan fakta bahwa gua masih terlalu lemah bahkan untuk ganti posisi tiduran.


Gua kayaknya pernah nyeritain bagian ini, tentang pasien-pasien lain di sekitar gua. Cuma 2 sih yang gua inget, pasien di sisi kiri dan kanan gua. Dua-duanya nggak ada di waktu yang sama. Seinget gua, awalnya di sisi ICU itu cuma ada gua. Hari kedua (atau ketiga, intinya gua belom lama di ICU), ada pasien masuk, di sisi kiri gua. Malem harinya, ada "alat gede banget" didatengin untuk pasien ini. Gua nggak tau siapa orangnya, apa penyakitnya, dan kenapa dia butuh alat yang gede banget yang nggak gua kenali (gua cuma inget ukuran alat itu). Besok paginya, pasiennya udah nggak di sisi kiri gua lagi. Gua nggak tau apakah pasien ini jadi pindah ke tempat perawatan lain atau akhirnya meninggal. Amin untuk kebahagiaan sejati dalam hidup atau akhir hidupnya. 1 atau 2 hari setelahnya, ada pasien di sisi kanan gua. Apakah ini pasien yang tadinya di kiri gua? Bisa jadi. Sampe sekarang, gua nggak tau. Yang gua tau adalah malam harinya, ada banyak pengunjung untuk pasien ini dan mereka ngadain doa bersama. Besok paginya, pasien ini udah nggak di kanan gua. Gua denger dari La Signora Grande yang denger dari suster/dokter jaga ICU, pasiennya meninggal malem itu. Amin untuk kebahagiaan sejati di akhir hidupnya. Akhirnya, di sisi ICU itu, gua jadi sendirian lagi.


Gua dapet beberapa pengunjung sih. La Signora Grande jagain gua tiap malem. Paginya, Der Weise Vater dateng, jemput La Signora Grande untuk istirahat di HQ1, dan gantian jaga gua. Sorenya, Der Weise Vater jemput La Signora Grande untuk jaga malem. Seinget gua sih gitu sistemnya. Poin penuh untuk tag team suami-istri yang fungsional. Kakak gua sempet ikut kalo diluar jam sekolah, tapi seinget gua nggak pernah masuk ke ruang ICU-nya. Beberapa tante gua dari Jakarta juga pernah mampir. Saudara lain dari keluarga besar kayaknya juga sempet ada yang mampir ke ICU, tapi gua nggak yakin siapa aja, kalaupun emang ada yang dateng. Kalo nggak salah, ada temen sesekolah gua yang dateng juga, tapi nggak masuk ke ICU (tapi gua kurang yakin sih).


Gua bersyukur karena hobi gua adalah mikir, sehingga gua nggak pernah sepenuhnya bosen walaupun terus-terusan di kasur (dan emang nggak mampu bergerak). Gua sempet bosen sih karena nggak bisa ngapa-ngapain, tapi gua tinggal liat sekeliling dan berimajinasi soal skenario-skenario yang mungkin terjadi dan gua jadi nggak bosen. Gitu-gitu aja sampe akhirnya gua keluar dari ICU. Oh, sempet seru tuh pas gua ngomentarin kalo label nama di botol obat yang ada di meja sebelah kasur gua ditulisin nama orang lain. Itu obat emang buat gua, dan emang tadinya untuk orang lain jadinya nama orang itu yang ditulis tapi HEY hal-hal kecil kayak gitu ga bakal lolos dari gua. Waspadalah waspadalah!


Setelah beberapa hari, gua dibolehin keluar dari ICU dan pindah ke ruang rawat inap biasa. Di situ, gua denger penjelasan dari dokter tentang kondisi gua. Gua jadi tau kalo gua awalnya gua langsung disuruh masuk ICU karena kadar trombosit dalam darah gua udah rendah banget waktu itu. Gua lupa dibilangnya normal itu seberapa, kalo nggak salah sih minimal 100an (gua nggak tau satuannya apa dan belom niat untuk nyari tau, dan salah satu indikasi DBD adalah kalo kadarnya dibawah nilai 100an itu), tapi waktu gua masuk ICU, kadar trombosit gua 43. Gua inget banget angka 43 ini, dan waktu itu gua cuma bisa wow.

"Wehehehey angkanya rendah banget dan gua masih hidup," pikir gua sambil hampir ketawa.

Oooh hidup itu indah. Hidup gua pun berlanjut di ruang rawat inap itu.


...

To be continued

...


Yoho~

Tidak ada komentar :

Posting Komentar