Sabtu, 19 Desember 2020

gua pengen cerita tentang masuknya gua ke SMA x24

 Yo.


Gua rasa gua kehabisan cerita menarik pas SMP, kecuali mungkin pas anak-anak RSBI kompak beli baju semotif tapi ukurannya all-size dan gua jadinya nggak pake karena terlalu ketat buat gua. Gua rasa sisanya cuma itu dan udah selesai di kalimat sebelumnya.

Mari kita pindah ke masa SMA gua.


Bagian ini, gua rasa bisa lu crosscheck dengan postingan-postingan gua di blog ini selama tahun 2011-2013 sebelum september. Mungkin ada cerita yang bakal gua ulang, tapi gua usahain untuk nyeritain yang belom pernah gua tulis. Seenggaknya, nadanya akan lebih "mengingat dan merefleksikan" dibanding sebelumnya pas gua menghidupi cerita-cerita tersebut.


Gua mulai dari pas gua milih SMA.

Untuk sebagian orang, mungkin pilihannya gampang. Sekolah yang dituju kemungkinan besar adalah sekolah favorit di kota/kabupaten tempat tinggalnya, mungkin juga yang terdekat dari rumah. Gua rasa, waktu itu gua nggak peduli gua bakal masuk SMA mana, tapi gua sangat peduli perasaan orangtua gua kalo gua masuk SMA yang mana.

Mumpung sekolah gua masih dibayarin orangtua, gua rasa gua berkewajiban untuk menjaga korelasi kedamaian hati orangtua gua dengan pilihan SMA gua. Kebetulan juga, tahun sebelumnya, kakak gua gagal masuk sekolah yang, bisa dibilang, favorit. Kalo di Tangerang, mungkin pilihan "favorit" jatoh ke SMAN (oiya gua lanjut ke sekolah negeri lagi) 1, 2, dan mungkin 7. NEM kakak gua kecil, sayang banget padahal menurut gua dia pinter banget (ngeselin dan nyolotin, tapi pinter), jadinya dia akhirnya masuk ke pilihan ketiganya, SMAN 6 alias WD (Water Door, karena dulu bangunannya ada di deket salah satu pintu air di Tangerang). Setelah gua liat perkembangan kakak gua di situ, menurut gua sekolah itu oke aja, tapi orangtua gua masih punya sedikit keraguan kalo sekolah itu cocok untuk gua. Gua diharapkan bisa masuk ke sekolah yang "lebih baik."

Mungkin sebaiknya gua berhenti ngebandingin performa SMA gua dan kakak gua, tapi menurut gua sudut pandang orangtua gua cukup penting di cerita ini.


Selesai UN, gua diberkahi NEM yang ternyata kecil juga (#konsistensi #brotherhood ?). Kalo nggak salah, cuma beda 0,1 sama kakak gua. Kalo nggak salah sih, NEM gua waktu itu 36,65 (gua ingetnya NEM kakak gua 36,55). Waktu angkatan kakak gua, NEM segitu nggak masuk di SMAN 2 tapi, berkah Tuhan mari hitunglah, gua keterima di SMAN 2 Tangerang alias Doeta.

Doeta = doea tangerang = dua tangerang = 2 tangerang karena sma negeri 2 tangerang.

Gua kurang setuju sama panggilan yang "terlalu mudah" kayak gini, tapi karena dalam perjalanannya namanya udah nempel sama performa sekolahnya, gua mendukung nama ini dari aspek sejarahnya.


Yey, gua masuk ke SMA yang membahagiakan orangtua gua.

Gua akhirnya ikut bahagia sih, karena gua cuma perlu naik angkutan umum 1 kali tanpa ganti, dari belakang rumah gua tepat ke depan sekolah. Very cool.

Momen ini adalah awal dari terpisahnya sekolah gua dan kakak gua. Dari TK, SD, SMP, kita sesekolah. Begitu masuk SMA (dan seterusnya di tingkat lanjutannya), kita masuk ke sekolah yang beda-beda.


Begitu masuk sekolah baru, MOS dong (atau mungkin MBS atau MABIS).

Momen paling menarik dari MOS bagi gua, jujur mungkin ini akan memicu PTSD bagi alumni sekolah gua, adalah mengenai Biskuat (bukan sponsor, sayangnya). Buat yang baca dan mulai merasa mual, hey, mungkin lu pernah liat gua pas SMA.

Waktu itu, salah satu "perlengkapan harian" untuk MOS (selain alat tulis dan bekal makan siang) adalah sebungkus Biskuat, ukuran sedang. Waktu itu, belum ada yang ukuran kecil jadi mungkin bisa dibilang ukuran paling kecil pada masanya. Nah pas apel pagi, sebelum akhirnya kucrut-kucrut baru diarahin ke kelas masing-masing, kita disuruh ngabisin sebungkus Biskuat ini, dengan alasan yang nggak gua tau sampai sekarang. Serius, kayaknya gua lagi bengong pas dijelasin apa maksudnya. Kemungkinan besar sih untuk sarapan, soalnya MOS-nya mulainya jam 6 pagi.

Dalam peraturan bersekolah anak-anak HQ1, kita sarapan pagi normalnya jam 5.30, jadinya gua dan La Signora Grande tinggal nyesuain jadi ke jam 5, jadinya nggak ada masalah buat gua dan La Signora Grande. Intinya, gua udah sarapan di rumah.

Buat gua sih, Biskuat itu jadi snack pagi. Sebagai pengemban peran "tong sampah" di HQ1 (waktu itu), gua nggak ada masalah untuk ngabisin 1 bungkus Biskuat dalam waktu singkat. Instruksinya sih disuruh angkat 1, terus habisin dalam 10 detik, kalo nggak salah. Gua paham kalo ini mungkin jadi trauma mendalam bagi beberapa anak dan mungkin bikin mereka jadi benci Biskuat seumur hidup. Buat gua waktu itu, gua cuma tertantang untuk makan dengan cepet aja.

Benih-benih kerusuhan/kepanikan timbul pas ada anak yang bawa Biskuat bungkus gede (jumlah di dalamnya sekitar 5-6 kali dari yang bungkus sedang). Senior yang jadi "pemandu kelas" gua (entah istilahnya apa waktu itu) ikut ngebantu (terutama dengan ngambil seraup dan dikantongin), dan gua sempet kebagian dan (maaf) dengan senang hati gua abisin bagian gua. Mungkin gua agak kesel karena pas sesi makan itu, nggak boleh ada yang minum, tapi selain itu gua aman dan tentram. Hidup tong sampah(?). Begitu MOS-nya selesai, gua rasa anak-anak baru jadi kenal lingkungan sekolah, kenal banyak senior, dan mayoritas punya dendam tersendiri ke 1 merk biskuit tertentu.


Kecuali gua, mungkin. Gua kenal lingkungan sekolah, kenal sedikit senior, dan tetep setia ke merk biskuit tersebut.

Yoho~

Tidak ada komentar :

Posting Komentar