Jumat, 11 Desember 2020

gua pengen ngomong tentang perjuangan La Signora Grande untuk membantu gua menang lomba x16

 Yo.


Rangkaian peristiwa ini terjadi pas gua masih SD, kelas 6.


Quick segway: gua lagi mikir tentang apakah sebaiknya gua nulis seri ini agak kronologis, jadi dari gua TK-SD-SMP-SMA. Yang udah ketulis sih yaudah, tapi mungkin selanjutnya lebih enak kalo agak kronologis? Entahlah. Mungkin gua akan nulis kayak gini.


Kembali ke tanktop.

Gua kelas 6 SD, kalo nggak salah menjelang kelulusan.

Sekolah berjalan seperti biasa dan gua denger kabar kalo ada semacam kompetisi antar sekolah di kota gua, Tangerang yang Akhlakul Karimah. Gua cuma denger doang dan kehidupan berlanjut.

Suatu sore, sekolah gua nelpon rumah gua, ngabarin kalo gua dipilih untuk mewakili sekolah gua di kompetisi tersebut. Wow, sebelumnya sekolah gua nggak pernah sampe nelpon rumah gua untuk urusan apapun. Lebih wow lagi, ternyata kompetisinya dimulai besoknya.

Cuk, kompetisinya dimulai besoknya dan gua baru dikasih tau di sore hari sebelumnya. Mana gua nggak bisa nolak pula, soalnya gua gak ada alasan yang bagus untuk nolak. Itu, dan karena ibu gua seneng anaknya dipilih sekolah untuk ngikut kompetisi.

Di panggilan telpon itu, ibu gua dapet penjelasan sekilas tentang format kompetisinya. Salah satunya adalah ada sesi kerajinan tangan. Cuk kompetisinya dimulai kurang dari 18 jam. Disitu, gua dan ibu gua mulai mikir. Apa yang mudah dibuat dan, yang lebih penting, mudah dipersiapkan.


Jawaban kita waktu itu: gambar buaya di kertas gambar A4, ditutupi dengan kulit salak yang dilem dengan lem serbaguna. Ganteng banget.

La Signora Grande langsung meluncur ke pasar untuk beli salak. Gua meluncur ke toko kelontong terdekat untuk beli buku gambar. Sepulangnya La Signora Grande, kita kupasin sebanyak-banyaknya salak dan kulitnya ditaruh di pojokan rumah yang cukup terbuka dan cukup kering. Malemnya, gua berdoa supaya kulit salaknya bisa kering.


Keesokan harinya, gua dateng ke tempat kompetisi, bareng ibu gua tentunya. Disitu, kita ketemu dengan Kepala Sekolah gua dan baru dapet penjelasan yang lebih lengkap. Di kompetisi ini, ada beberapa jenis perlombaan. Ada lomba seni. Sekolah gua diwakilin sama temen sekelas gua yang emang langganan ikut lomba nyanyi. Lomba yang gua ikutin kalo nggak salah namanya "Lomba Siswa Berprestasi". Sekolah gua diwakilin sama gua (perwakilan siswa) dan temen gua yang jadi perwakilan siswi. Gua terlalu nervous untuk merhatiin detail lainnya.

Lomba pun dimulai.

Sesi pertama itu kalo nggak salah tes akademik gitu. Rasanya kayak ulangan aja. Kalo nggak salah, disinilah pertama kalinya gua ngadepin ujian pake pensil 2B dan mesti bikin bulet-bulet. Mohon dimaklumi, waktu itu 2006 dan SD gua swasta dengan harga terjangkau (bukan sponsor). Pastinya, gua buletin kertasnya sampe berbekas kemana-mana.

Selesai itu, istirahat. La Signora Grande punya ide brilian: beliau akan nyebrang jalan (di situ ada mall) dan beliin gua sesuatu di McDonald's. Very nice. Sebagai penggemar ikan, gua minta Fish Fillet (atau apapun namanya, intinya burger yang isinya nugget ikan, sedikit kol tipis-tipis, dan mayones. Waktu itu ada di iklan dan sebagai penonton iklan gua nggak bisa nolak kesempatan yang ditawarkan.

Sesi kedua, sesi kerajinan tangan. Gua seneng karena gua tau ini adalah sesi terakhir. Gua dateng dengan buku gambar A4, lem serbaguna, gunting, kulit salak yang agak kering, dan niat. Oh, kalo nggak salah gua juga bawa mata palsu (kalo lu paham apa yang mau gua buat, lu bisa bayangin mata palsunya yang kayak gimana). Sampai sesinya selesai, gua berusaha keras milihin, motongin, dan nempelin kulit salak yang kebanyakan masih lembab ke gambar buaya sederhana.

Waktunya selesai, tapi gua belom selesai. Seinget gua, bagian ekor buayanya belom semuanya ketutup kulit salak.


Kompetisi selesai, gua udah niat pulang aja. Gua dan ibu gua udah di perjalanan pulang pas handphone ibu gua ditelpon, katanya gua mesti balik ke tempat kompetisi untuk acara penutupan. Kita panik dan kita balik lagi.

Untungnya, kita balik nggak sia-sia. Gua dapet juara harapan. Yey! Kalo nggak salah, katanya buaya buatan gua dapet poin yang tinggi untuk orisinalitas, tapi sayangnya nggak selesai. Gua lebih peduli dengan keinginan gua untuk pulang secepatnya dan rasa kesal karena gua baru dikasih tau sekolah sore hari sebelumnya.

Segera setelah itu, gua ke ibu gua lagi, kita (red:ibu gua) ngomong sebentar dengan Kepala Sekolah dan siswa-siswi lain yang ikut di kompetisi ini, dan gua dan ibu gua meluncur balik ke HQ1.


Kehidupan berlanjut. Hal-hal yang terkait dengan kompetisi ini nggak ada yang berkembang jadi apapun di kemudian hari, seenggaknya sepengetahuan gua.

Gitu deh.


Yoho~

Tidak ada komentar :

Posting Komentar