Rabu, 16 Desember 2020

gua pengen ngomong tentang salah satu alasan kuat gua bisa dibenci pas SMP x21

 Yo.


Pas gua kelas 2 SMP (kalo nggak salah), gua ngelakuin kesalahan besar.

Kesalahan ini, menurut gua, sangat masuk akal untuk jadi pemicu kebencian salah satu temen sekelas gua terhadap gua.

Tentunya waktu itu gua cuma sedikit ngerasa bersalah, terutama karena sikonnya.


Semuanya dimulai pas gua "berinisiatif" ngumpulin data nomor/orang yang bisa dihubungi dari temen sekelas gua. Kayaknya waktu itu, ini ide dari orangtua gua. Pastinya gua belom punya kemampuan dan niat untuk memulai sesuatu dalam skala ini.

Jadinya, suatu hari gua ngumpulin informasi soal nomor hp temen sekelas gua (kalo udah punya), nomor telpon rumahnya, dan nama orangtua + nomor hpnya. Begitu datanya terkumpul, gua bikin daftarnya dan gua bagiin ke temen sekelas. Kalo lu seangkatan sama gua, lu mungkin bisa meraba minimal 1 kesempatan yang muncul; kesempatan untuk gua menjadi dibenci oleh temen sekelas gua.


Gua yakin kalo gua pernah cerita di blog ini tentang momen dimana gua bilang kalo salah satu temen cewek sekelas gua terlihat cantik. Gua nggak yakin judul postingannya apa. Waktu itu, kelas RSBI sekolah gua lagi ada rencana untuk studi banding ke sekolah lain yang juga punya program RSBI (atau malah udah SBI) di Tangerang Selatan. Ngumpullah kita di depan sekolah sampe waktunya berangkat. Gua termasuk yang dateng agak awal. Kita nunggu-ngobrol-nunggu-becanda-nunggu, sampai akhirnya anak cewek ini memasuki gerbang sekolah. Gua posisinya lagi ngobrolin tentang temen gua yang di postingan-postingan sebelumnya gua sebut sebagai pasangan bromance gua pas SMP. Pas gua liat cewek ini, otak gua kena arus pendek dan gua bilang, "Kok <nama pasangan bromance gua> cantik?"

Dan kengerian hari itu dimulai. Mulai dari saat itu, seharian penuh dan sampai beberapa hari setelahnya kalo nggak salah, ceplosan gua itu jadi obrolan (dan pastinya ledekan) hangat mengenai gua. Seenggaknya itu yang gua rasain. Itu momen pertama gua keceplosan di level itu di sekolah, jadinya masih spesial banget buat gua.


Nah, di paragraf 2 gua bilang kalo ada 1 kesempatan yang muncul. Di hari itu, kesempatan itu gua pake. Di perjalanan ke sekolah tempat studi banding, di dalem bis yang ngebawa kelas gua kesana, gua yang ngerasa kesel banget karena diledekin terus, manggil salah 1 temen gua dengan nama bapaknya.

"Manggil pake nama orangtua." Ledekan klasik untuk anak seumuran gua, waktu itu. Hari itu, gua pake ledekan itu untuk salah satu temen gua. Menurut gua waktu itu, rasanya itu adalah balasan yang pantas untuk semua ledekan yang dateng ke arah gua. Menurut gua sekarang, itu adalah balasan yang "terlalu gampang", kurang cerdas, dan bukan sesuatu yang seharusnya gua ucapin. Sejauh yang gua inget, momen ini adalah pemicu segala adu argumen dan adu ledekan antara gua dan 1 temen gua itu sampai akhirnya kita lulus. Gua dan dia sering manggil nama bapak satu sama lain sebagai ledekan, yang akhirnya memicu saling manggil nama bapak di kelas gua. Jangan lupa, daftar nama orangtua anak-anak sekelas yang gua buat udah ada di masing-masing anak. Mulai dari momen itu, bisa dibilang gua nyimpen 1 sudut di hati gua untuk membenci temen gua itu. Kalo nggak salah, gua masih benci orangnya sampe gua SMA dan muncul terlalu banyak hal baru untuk diinget.

Kalo gua pikir lagi, wajar banget sih kalo kita saling benci waktu itu. Gua keceplosan sesuatu yang cocok banget untuk jadi bahan ledekan anak SMP, sehingga temen gua ngelakuin itu. Gua kebawa emosi dan manggil temen gua itu dengan nama bapaknya, sehingga temen gua ngebales. Adil dan pastinya masuk akal.

Pastinya 1 dari sekian kejadian yang bikin gua semakin teguh untuk jadi pendiam dan menutup diri dari orang lain.


Gua ketemu temen gua ini di Instagram, beberapa bulan yang lalu, setelah terakhir kali kita ketemu pas buka puasa bersama sekaligus reuni pas kita baru pada masuk SMA. Berarti, udah 10 tahun? Kita belom pernah ngebahas momen ini sama sekali. Mungkin nggak akan pernah. Kayaknya cuma gua yang masih inget banget soal kejadian ini. Gua udah nggak benci dia lagi sih. Setelah gua inget lagi dan gua pikir lagi, gua udah yakin atas keadilan dan kewajaran situasinya, dan gua emang bego banget waktu itu. Gua masih bego sekarang, jadinya masuk akal banget.

Semoga anaknya udah lupa sama kejadian ini. Bukan sesuatu yang sebaiknya diinget juga, kayaknya.


Kalo lu adalah pihak yang terlibat dan lu jadi inget lagi, gua minta maaf. Gua lebih minta maaf lagi karena lu udah nemu blog yang tidak bermanfaat ini.

Yoho~

Tidak ada komentar :

Posting Komentar