Sabtu, 12 Desember 2020

gua pengen ngomong tentang transisi gua dari sekolah swasta ke sekolah negeri x18

 Yo.


Seperti yang mungkin lu tau, kemungkinan besar nggak, gua disekolahin di SD swasta. Kenapa swasta? Gua bilang sih kenapa nggak. Waktu itu urusan administrasi diurus semuanya sama orangtua gua dan gua cuma disuruh fokus ke belajar. Sampe sekarang, titah orangtua ke gua masih gitu aja sih. Kalo dari orangtua gua, mungkin gua disekolahin ke sekolah tersebut untuk pendidikan agamanya + biayanya yang terjangkau (seenggaknya pada masanya).

Gua cuma bisa bersyukur udah disekolahin disitu karena ada beberapa pengalaman menarik yang akhirnya bisa gua tulis di blog ini. Ada sih beberapa momen singkat menarik lainnya, misalnya pas gua ngalamin slow motion pas temen gua pecahin kaca jendela kelas dengan tendangan bola, pas ada guru "sableng" yang "suka" menghukum murid yang makan mie dengan dijejelin cabe (di sekolah lho ya), pas gua dikasih dompet pertama gua yang bentuknya panjang, warna biru langit, dan ada gambar F4-nya (yap, boyband dari Cina yang populer di tahun 2000an), atau pas gua nangis karena PR gua nggak dinilai dan gua malah dibawa ke UKS sekolah karena dikira lagi pilek.

Indahnya perjalanan sekolah dasarku~

2007, gua lulus dari sekolah ini. SMP gua ada di seberangnya dan geser 1 bangunan. Nyeh, sebut aja di seberangnya persis.


Gua masuk ke SMP ini karena kakak gua masuk ke SMP ini di tahun sebelumnya. Waktu itu, kata Der Weise Vater, gua sebaiknya masuk SMP Negeri biar nantinya "lebih gampang" masuk SMA Negeri dan lanjut lagi ke Universitas Negeri. Indahnya kebebasan di tengah hidup akademik yang direncanakan. Kalo gua pikir lagi, mungkin gua disuruh masuk sekolah negeri karena biayanya lebih murah. Kalo emang gitu alasannya, gua yang sekarang bakal ngedukung banget. Gua yang dulu terlalu peduli dengan pokemon dan ketololan remaja untuk mikir soal duit.

Awalnya, sebelum lulus SD, gua dapet pengumuman dibukanya pendaftaran di SMP tersebut. Kata La Signora Grande waktu itu, "Kok udah dibuka pendaftarannya? Tahun lalu, kakakmu daftarnya nggak sekarang deh." Di tengah kebingungan itu, gua didaftarin aja, toh ada pendaftaran dan gua emang disuruh masuk ke sekolah itu. Setelah daftar, eh ada tes tulis gitu. Bulet bulet bulet bulet. Setelah itu, ada "kelas matrikulasi" gitu. Barulah setelah itu, ada pengumuman kalo gua diterima dan jadilah gua siswa di SMP tersebut. Kelas gua (dan kelas sebelah) kecil banget. Totalnya cuma ada 24 siswa per kelas. Itulah yang terjadi menurut sudut pandang gua.

Mari kita telaah lebih lanjut. Gua daftar ke SMP negeri. Gua mesti ikut tes tulis. Selanjutnya, ada seleksi berdasarkan nilai tes itu. Terus gua mesti ikut kelas matrikulasi yang ternyata juga tes. Gua inget kalo gua punya 2 kenalan di kelas matrikulasi itu dan begitu sekolah seperti biasa, mereka nggak ada di kelas gua atau kelas sebelah. Mana waktu itu 1 kenalan gua itu adalah cewek yang sama-sama non-muslim. Hilanglah kesempatan gua punya temen sekelas/seprogram yang non-muslim. Dan dari ukuran kelasnya, mungkin lu tau, gua ternyata masuk ke kelas RSBI alias Rintisan(?) Sekolah Bertaraf Internasional. Di Jakarta, udah ada beberapa sekolah SBI (udah mapan, udah nggak rintisan lagi). Di Tangerang, di 2007, SMP gua adalah salah satu sekolah yang memulai program RSBI. Mungkin lu jadi tau gua ke SMP mana.

Oiya kalo lu belom kepikiran, fun fact: 3 tahun gua SMP, gua doang yang non-muslim di program RSBI itu. Gua rasa ini bukan "weird flex but ok", dan gua juga nggak peduli sama sekali waktu itu.


Di sekolah inilah gua dikenalkan ke seragam sekolah dengan celana panjang, sepatu hitam-putih ala Converse(?), gua nggak tau gimana lagi cara ngejelasinnya, dan pengalaman bersekolah di sekolah negeri.

Beberapa minggu pertama, gua bergumul keras dengan fakta bahwa temen-temen sekelas gua ada yang nyontek pas ujian dengan ngeliat buku / catatan / nanya ke temen di sekitarnya. Awalnya gua nggak terima, tapi karena mereka temen gua, gua bisa maafkan dalam hati gua dan akhirnya jadi berasa natural untuk ngediemin orang nyontek. Intisari kehidupan gua masih nggak terima dengan perilaku nyontek, tapi kalo konteksnya temen-temen gua, gua bisa memaklumi.

I mean, snitches get stitches, too.

Sambil kehidupan berlanjut, gua dikenalkan dengan pelajaran Agama Islam. Dari pas SD ada kunjungan ke Goa Maria untuk Doa Rosario tiap bulan, pas SMP gua jadi dengerin Asmaul Husna tiap jumat pagi. Gua nggak bisa pungkiri, pengalaman baru ini awalnya aneh banget untuk gua. Masuk tahun kedua, gua mulai hafal potongan-potongan Asmaul Husna dan bisa ikutan nyanyi. Guru Agama Islam untuk kelas gua juga keren abis dan super ramah, menurut gua. Jamnya pelajaran Agama Islam, gua dibolehin keluar kelas untuk ke perpustakaan, tapi beberapa kali gua tinggal di kelas untuk gambar-gambar nggak jelas, pastinya sambil ngedengerin pelajaran Agama Islam. Asik aja sih, menurut gua. Gua nggak bermasalah dengan apa yang diajarkan, dan yang ngajar dan diajar nggak bermasalah dengan keberadaan gua disitu. Gua paling inget pas ada pelajaran bagian shalat untuk jenazah. Gurunya, shoutout Pak Muhidin alias Muhidin Helm, ngegambar posisi jenazah dan orang-orang yang terlibat di shalat tersebut. Waktu itu gambarnya cukup lucu karena guru ini ngegambar jenazahnya gede banget dibanding orang-orang di sekitarnya.

Pas SMP juga, gua dapet nama panggilan Toto. Shoutout Randy "rundedunde(?)" Priyatna dan Anggi Rhodes. Pas baru kenalan, cuma nama gua doang yang ada 3 kosakata, jadinya si Randy manggil gua dengan "Toto." Gua sih nggak bermasalah sampe akhirnya gua diingatkan kalo Toto adalah merk toilet, tapi akhirnya gua jadi kebal. 13 tahun kemudian dan gua jadi tau kalo "Toto" dalam bahasa Spanyol adalah alat kelamin wanita. F-in' sick, dude.

Gua juga dikenalkan dengan dunia permainan pokemon, Nintendo DS, Cooking Mama, dan sebagainya. Special shoutout untuk rival dan saudara sedarah karena ultah kita sama tapi orangtua kita beda, Bima "Beemboyz" "Mas Bim" "LKM" Saddha dan Rizal "CaCO alias kapur" Hanif.

Masih banyak sih temen-temen yang masih gua inget namanya dengan momen-momen terkait, tapi temen SD gua aja cuma gua sebut beberapa, jadi gua sesuain sama cerita gua aja (nanti).


Gitu deh.

Gua akhirnya memulai kehidupan SMP. Awalnya gua masih naik jemputan yang sama, toh cuma nyebrang aja dari SD gua. Masuk kelas 2, gua dianter orangtua ke sekolah dan gua berhenti naik jemputan sekolah sampai seterusnya, dan kehidupan berlanjut.


Yoho~

Tidak ada komentar :

Posting Komentar