Selasa, 01 Desember 2020

gua pengen ngomong tentang pengalaman gua nyontek pas ujian x7

 Yo.


Kalo lu sekelas gua pas SMA kelas 1, ada kemungkinan lu tau cerita ini.

Kalo inisial nama lu adalah WH, lu tau banget cerita ini.


2010.

Ujiannya adalah ujian semester (?), mata pelajaran yang waktu itu gua sukai karena gurunya, bukan karena materinya, yaitu ekonomi. Shoutout untuk Pak Maman Bastaman. Gua udah lama nggak tau kabarnya, tapi semoga Pak Maman masih ngajar dan masih dengan gaya melawak/meledek murid yang sama.


Ceritanya begini.

Ujian semester / tengah semester, sehingga ini momen penting yang akan direkam di rapor. Seperti biasa, gua jadi gregetan-ngilu-waswas karena setelah selesai, gua pasti akan seneng dan plong, tapi pasti agak keringet dingin waktu ngerjainnya. Suka-duka-duka selama masa SMA.

Kesalahan pertama gua adalah nggak baca ulang materi ujiannya pas malam sebelumnya. Rookie mistake, mungkin. Pastinya waktu itu gua terlalu percaya diri akan kemampuan gua mengingat. Ekonomi adalah satu diantara sekian pelajaran dimana gua menyerah untuk memahami materinya dan memutuskan untuk hafalin aja semua yang diajarin. Karena itulah, gua nggak baca ulang materi ujiannya jadi awal dari cerita ini. Gua nggak inget alasan pastinya, tapi di waktu kosong setelah gua bangun sampai akhirnya ujiannya dimulai, gua nggak baca ulang materi ujiannya. Buku paket/buku pegangannya ada di tas gua, tapi gua nggak baca ulang. Sepertinya waktu itu gua lagi super songong dan meremehkan ujiannya.

Di waktu istirahat sebelum ujiannya dimulai, gua ngobrol dengan beberapa temen gua. Kalo nggak salah, salah satu yang diomongin waktu itu adalah "kalo lu mau, kolongin aja buku paketnya (lol)."

Gua mulai keringet dingin setelah pengawas ujiannya, Pak Maman sendiri, masuk ke ruang ujian. Waktu itu, buku ekonomi gua yang tadinya gua masukin ke tas, gua ambil dan gua taruh di kolong meja gua. Gua nggak yakin kenapa gua ngelakuin ini, mungkin otak gua dengan sengaja menghapus memori ini karena kejadian ini ngebuat gua trauma, tapi itulah yang gua lakukan. Begitu soal ujian dibagiin dan gua baca, keringet gua jadi makin dingin dan makin deras.

Beberapa kali gua coba untuk narik buku itu dari kolong meja untuk nyari jawaban, tapi selalu gagal. Ada sebagian dari diri gua yang merasa sangat bersalah karena gua lagi nyontek dan hidup adalah usaha untuk terus berbuat baik, tapi ada sebagian yang berargumen kalo gua nggak nyontek maka gua akan gagal di ujian ini dan kegagalan itu nggak menyenangkan. Singkat cerita, gua gagal. Kalo nggak salah, gua dapet nilai 50/100, mungkin lebih rendah. Bukan pengalaman yang menyenangkan. Sampai terakhir gua belajar di sekolah, dampak kejadian ini masih mempengaruhi gua. Di momen-momen ujian, gua kadang masih dapet flashback yang mengingatkan gua akan kejadian memalukan pas ujian ekonomi yang dulu terjadi pas gua SMA kelas 1. Nggak menarik, nggak baik untuk anak.


Kalo ada 1 pesan yang bisa gua bagikan untuk orang yang baca ini, kalo lu dididik seperti gua, janganlah nyontek pas ujian. Sampai sekarang, gua masih inget lirikan dan tawa temen gua yang ngeliat pas gua coba nyontek pas ujian itu. Ini bukan ingatan yang lu mau ada di hidup lu. Di satu sisi, mungkin kepercayaan lu akan adanya kekuatan yang lebih tinggi yang mengawasi hidup manusia akan diperkuat. Seenggaknya itu makna yang gua ambil dari kejadian ini. Jadi, mungkin ada hal positif yang bisa diambil dari cerita ini. Tapi tetep, sekali lagi buat anak yang dididik seperti gua, jangan coba-coba reka ulang kejadian ini.


Yoho~

Tidak ada komentar :

Posting Komentar