Selasa, 15 Desember 2020

gua pengen ngomong tentang kelahiran dan kematian "karir" komikus gua x20

 Yo.


Google sempet bermasalah tadi siang. Lu tau apa yang sempet bermasalah juga? Hobi gua untuk bikin komik pas SMP.


Komik pertama yang dibeliin orangtua gua adalah Detective Conan-nya Aoyama Gosho, buku ketiga. Kalo nggak salah sih, itu pas gua masih SD. Karena ada gua dan kakak gua, kita biasanya dibeliin 2 komik per kunjungan ke Gramedia. Waktu itu, kita dibeliin buku ketiga dan keempat. Dimulailah periode dimana gua dan kakak gua dapet 2 komik dan 1 orang akan baca buku N lanjut ke N+1, dan 1 orang akan baca buku N+1 dan balik ke N.


Begitu gua masuk SMP, gua tergugah(?) untuk bikin komik sendiri. Cerita sendiri, gambar sendiri, sarana & prasarana sendiri.

Hari ke hari, gua ngabisin berlembar-lembar kertas HVS A4 polos dan pulpen tinta biru, shoutout Pilot, untuk bikin berbagai cerita pendek dan serial. Kertas A4 gua bagi jadi 17 bagian, 1 kop, untuk judul cerita, dan 16 (4x4) kotak berukuran sama, untuk diisi gambar dan teks. Gua pilih 1 kop dan 16 kotak karena gampang dibuat, cuma butuh 7 garis. 100 poin untuk kemalasan.

Dari 16 kotak itulah, gua sempet ngebikin beberapa serial cerita yang kalo gua pikir lagi, terlalu sederhana dan 1 dimensi. Terinspirasi dari komik dan game favorit gua, gua bikin cerita bertema petualangan dan pertarungan. Untuk kemudahan (atau lagi-lagi, kemalasan), semua karakter gua dulu berupa stick figure. Cuma bulatan dengan garis-garis sebagai badan, tangan, dan kaki.

Gambar sederhana untuk menemani cerita sederhana.

Serial gua yang paling panjang, kalo nggak salah, sampai 20an episode. Berarti panjang komiknya adalah 20an halaman A4, 320 kotak. Ceritanya tentang pertarungan gitu. Tiap episode, tokoh utamanya akan ketemu 1 musuh baru dan secara ajaib dia bakal menang. Menurut standar gua yang sekarang, kekuatan tokoh utama gua waktu itu adalah plot. Minim cerita tentang gimana dia dapet kekuatan super dan hampir nggak ada cerita tentang dia berlatih baik di sebelum pertarungan maupun di tengah pertarungan (sebagai flashback atau filler). Selalu cuma ketemu musuh baru-hampir kalah-wow aku sadar kalo aku punya kekuatan ini-menang (red: ketemu musuh baru-hampir kalah-komikus bilang plotnya mesti maju jadi gua mesti menang-menang).

Temen-temen sekelas gua tau dong kalo gua lagi bikin komik. Wong gua ngegambarnya di sekolah.

Rumah adalah tempat mengerjakan PR dan beristirahat, change my mind.

Makin lama, makin bertambahlah jumlah temen sekelas gua yang tau kalo gua bikin komik. Gua terus gambar, dan karena kehabisan ide untuk karakter, gua ambil beberapa nama temen sekelas gua. Karena semuanya stick figure, perbedaan antar karakter adalah bentuk kepalanya. Akhirnya, gua bikin karakter untuk semua temen cowok di kelas gua.

Kalo nggak salah, dulu kayak gini pembagiannya:

Lingkaran polos = gua

Lingkaran berwarna = Randy

Setengah lingkaran = Bonti

Segitiga = Bima

Persegi = Anggit (yap, ini nama cowok)

Lingkaran keriting = Bayu

Elips = Rhodes

Pentagon = Nanda (nama cowok juga)

Persegi panjang = Adrian

Heksagon = Fadhlan

Belah ketupat = Dali

Shoutout untuk nama-nama yang gua sebut di atas, DWASTA NEVER DIE.

Barusan gua cek postingan gua di Facebook biar nggak salah pasangan nama dan bentuk kepalanya. Ada juga sih beberapa lagi untuk mewakili anak-anak cowok lain dari kelas RSBI yang satunya (sebut saja content expansion), tapi gua lupa pasangan nama dan bentuk kepalanya dan nggak ada gambarnya di Facebook gua. Mohon maaf bagi yang merasa tidak terwakili di postingan ini.


Beginilah salah satu keseharian gua selama SMP, ngomik.

Begitu gua masuk SMA, gua berusaha ngebangkitin jiwa komikus gua dengan karakter gua pas SMP, Toto The Riper, dan 2 tokoh baru, PortoPortule dan American Standard, tapi akhirnya gua kurang tergugah untuk bikin komik lagi. Bisa dibilang, gua dulu ngerasa ganti sekolah berarti ganti hobi atau semacamnya. Mungkin gua nemu hobi lain atau kehabisan ide untuk dijadiin komik. Kalau lu belum nyadar, nama 2 karakter barunya pun adalah 2 nama panggilan baru gua pas SMA.

Coy, kalo ditelaah lagi, matinya hobi ngomik gua hampir berbarengan dengan kebangkitan blog ini.

Mungkin juga karena gua yang selama SMP nggak ada ekskul, begitu masuk SMA gua join ke English Club, departemen Word Games, spesialisasi Scrabble.

Entahlah.

Pastinya, berakhirlah karir gua sebagai komikus. Sampai sekarang, gua kadang-kadang masih seneng bikin cerita sih, walaupun dituanginnya dalam bentuk cerita lucu (untuk sebagian orang) pas lagi ngobrol atau jadi meme atau jadi komik strip super singkat. Gua belom ada hasrat dan niat untuk bikin serial lagi. Mungkin suatu saat gua akan mulai lagi, tapi apalah artinya ceplosan kalo nggak dilakukan.


Gitu deh.

Yoho~

Tidak ada komentar :

Posting Komentar