Minggu, 28 Januari 2018

21. Favorite School Subjects

YOYYOYOYOYOYOYOYOYOYOYOYOYO !!!
Selamat Hari Minggu, pembaca!
Ada rencana apa hari ini?
Berkumpul bersama keluarga?
Bermain bersama teman?
Menyelesaikan laporan, main game online, dan memikirkan gimana caranya menghadapi kelas selama 4 jam besok? IH KOK SAMA KAYAK GUA DAH LOL
.
Mari langsung masuk ke dalam.
Jangan sungkan.
.
Pembicaraan kita kali ini adalah mengenai mata pelajaran favorit gua.
MATA PELAJARAN FAVORIT!
.
Kita bahas satu persatu dari tiap jenjang pendidikan wajib belajar, oke?
Nggak oke? Yowes jangan baca.
Kuy ah.
.
#1. Sekolah Dasar
Yang masih sangat berkesan sampai saat ini (barusan gua masih bisa inget wajah guru yang bersangkutan. serius) adalah KTK alias Kerajinan Tangan & Kesenian.
Very nice.
Bagian yang paling berkesan adalah ketika ada ujian seni musik, lagu wajib nasional. Beberapa judul lagu diumumkan. Gua udah ngincer satu lagu : Garuda Pancasila.
Hari ujian, siswa masuk ke ruangan satu persatu. Judul lagu yang harus dibawakan? Ambil dari topi yang disediakan. Lagu yang gua mesti bawakan : Garuda Pancasila.
Entah gimana hasilnya, tapi gua membawakannya dengan bahagia dan puas. Very, very nice.
.
#2. Sekolah Menengah Pertama
Hands down, Mathematics.
Sebagai mantan peserta didik di tahun pertama dibukanya program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (yap. yang gagal itu, lho), gua menerima pelajaran Matematika dalam 2 bahasa, Klingon dan Parseltongue. WHAT? Inggris dan Indonesia.
Guru yang berbahasa Inggris : kocak, memotivasi.
Guru yang berbahasa Indonesia : lebih kocak, lebih uyeee.
Indah sekali.
Di masa inilah gua merintis program latihan Matematika (yang pastinya belum dipatenkan) dimana gua sering mencoba menghitung di kepala berapakah hasil operasi kuadrat terhadap suatu bilangan 2 digit. Aneh? Tepat sekali! Bermanfaat? Jelas! Di SMA, gua akhirnya berhasil merumuskan, memformulasikan cara mudah menghitung hasil kuadrat dari bilangan 2 digit.
Kalau belum ada yang mematenkan, kabarin gua dah.
.
#3. Sekolah Menengah Atas
Setelah berpikir panjang hingga akhirnya gua mau makan es krim, HAH????
Serius nih gua punya es krim stroberi. Bakal sedap kayaknya ya.
Setelah berpikir panjang, otak gua lelah, akhirnya kita memutuskan untuk menyatakan bahwa Fisika adalah pelajaran favorit gua.
Gua yakin kalau gua pernah nyebut Biologi sebagai pelajaran favorit gua pas SMA, dan pada suatu masa, memang benar. Pas kelas 12, emang guru Biologi gua memiliki metode mengajar yang super menarik dan mendidik, lahiriah dan batiniah, dan di lain sisi, guru Fisika gua sempat memicu momen paling dipertanyakan selama gua bersekolah di level SMA. Tapi apa daya, secara umum, Fisika masih jadi yang paling menarik buat gua.
Faktor utama : guru. Guru Fisika gua pas kelas 10 dan 11, legenda. Kalau bisa gua ringkas menjadi sebuah nama panggilan, gua kebayangnya "Einstein Jawa". Nyeleneh, weleh-weleh, gokil weh. Shoutout untuk Pak Khisamudin!
.
Sudah wajib belajar 9 tahun, saya lanjut ke tahap sarjana.
#4. Strata 1
Ada 2 nih matakuliah favorit gua.
1. Pengolahan Sinyal Digital alias PSD
Penghormatan tingkat tinggi untuk seorang dosen yang mampu membangkitkan semangat anak muda dalam diri gua, Pak Ansori.
Kali pertama gua ambil mata kuliah ini, ternyata "belum waktunya" menurut sang dosen, sehingga gua "bakal dikasih nilai E" dan gua akhirnya memutuskan untuk drop/membatalkan mata kuliah ini seminggu sebelum Ujian Tengah Semester.
Di hari dimana gua diberi peringatan itu, pas gua balik ke kos, gua langsung nangis (serius) sampai kesedihan gua abis (serius juga), yang tersisa cuma semangat untuk membuktikan kalau sebenarnya gua pantas untuk menyelesaikan mata kuliah ini.
Otak gua berteriak sampai gua bisa mendapatkan IP 4 di semester itu.
Otak gua berteriak lagi, "Gua akan masuk bidang studi spesialisasi dosen ini untuk membuktikan kalau gua bukan hanya bisa menyelesaikan mata kuliah ini, tapi seluruh bidang studi ini!"
Emang rada serem, pada masanya.
Situasinya maksudnya. Kalau gua sih emang selalu serem.
.
2. Tugas Akhir
Q : Ini karena lu bisa lulus setelah nyelesain ini kan?
A : Nggak juga. Gua emang menikmati mata kuliah ini.
Gua akan rangkum dalam bentuk poin-poin.
- Gua menjalani Tugas Akhir selama 2 semester.
- Semester pertama Tugas Akhir gua dipenuhi malas-malasan, ngerjain-sampai-pusing-tapi-kurang-waktu-untuk-bangkit-kembali-dengan-cepat, dan susahnya menerjemahkan Bahasa Pemrograman C++ ke MATLAB.
- Semester kedua Tugas Akhir, gua dan Bro Endro (panggilan sayang untuk dosen pembimbing solo gua [emang keren banget nih dosen], Yang Terhormat, Pak Endroyono) bekerjasama menyelesaikan sebuah buku laporan Tugas Akhir yang indah sekali.
- Di awal semester kedua ini, gua berencana menghabisi Tugas Akhir dalam jangka waktu 2 bulan dari 5 bulan yang tersedia. Akhirnya, program untuk simulasi gua baru selesai di bulan ke-3. Mantaps. Tidak sesuai target, tapi begitu berhasil OH BOY! BANGGANYA!
- Mata kuliah ini gua anggap sebagai starter "Ilmu yang lu pelajarin di kuliah itu bisa digunakan untuk bikin hal-hal keren kayak yang udah lu bikin ini. Bukan soal gampang / susah, bukan soal "aku pasti bisa" / "ehh bisa gak yaaaa", bukan soal cepat / lambat. Ini soal "Njir ini keren banget, dan lebih keren karena gua bikin pake tangan gua sendiri".
.
Belum puas (masih jadi refleksi sampai saat ini), saya masuk ke dunia ilmu yang lebih luas.
#5. Strata 2
Kembali lagi ke pemikiran yang panjang dan berlebihan, dan es krim stroberi gua semakin menggoda, gua memutuskan untuk menyatakan bahwa mata kuliah favorit gua adalah Algorithm & Programming, yang isinya adalah dasar pemrograman dengan Python. Mata kuliah dimana gua bisa bebas berkreasi dengan barisan kode, syntax, nggak butuh catatan, pengajarnya adalah seorang senior yang ramah? OH YEAH! Menarik sekali!
Di luar topik, tapi shoutout untuk dosen yang membangkitkan mentalias "Aeronautika itu nggak susah, cuk!" di diri gua, M. Yves Gourinat. You rock. You awesome.
.
.
Gitu deh cerita pelajaran/mata kuliah favorit gua.
FYI, pas Taman Kanak-kanak, gua paling seneng pelajaran nyelesain puzzle atau kegiatan kerajinan tangan. Sedep banget.
Yaudah deh gitu.
Gitu deh.
Yaudah ah.
Mari kita tutup postingan ini.
Ciao!
Bonne minuit (?), dors bien.
Good twilight, sleep tight.
SELAMAT TENGAH MALAM SEMUA !!!*
.
NB.
*gua nulis ini jam 12:59. Nice

Tidak ada komentar :

Posting Komentar