Senin, 02 Januari 2017

Side Story : Hiduplah. Secara Harfiah

Bahasan serius nih.
Pembukaannya harus serius cuy.
.
Otak : Selamat datang di "bahasan serius" dengan pembukaan yang paling tidak serius.
Gua : Leh ugaaa
.
.
Hidup.
Hidup itu menyenangkan.
Hidupmu tidak menyenangkan ? Coba ingat momen-momen menyenangkan yang pernah kamu alami. Sudah ingat ? Sekarang buang semua momen-momen yang tidak menyenangkan. Voila! Hidup itu menyenangkan.
.
Jika hidupmu kurang menyenangkan, maka saya akan memberikan 1 trik yang sudah saya praktekkan dari hari ke hari selama beberapa tahun (kira-kira sejak SMA, yaitu saat pikiran saya tergugah dengan metode ini).
.
Harfiah.
Harfiah merupakan kata serapan dari Bahasa Arab yang artinya  1 (terjemahan atau arti) menurut huruf, kata demi kata; 2 berdasarkan arti leksikal (http://kbbi.web.id/harfiah).
Otak : Bosque, hubungkan "hidup yang menyenangkan" dengan "harfiah".
Gua : Segera, my child.
.
Dunia ini menggunakan bahasa untuk berkomunikasi.
Salah satu fungsi komunikasi adalah menyampaikan pengetahuan yang dimiliki kepada pihak lain.
Sumber pengetahuan adalah pengalaman, eksperimen, pembelajaran.
Bagaimana cara menyampaikan hal tersebut ? Bicarakan.
Metode bicara sulit dilakukan ? Tulis.
.
Kita bisa mulai dari melihat tulisan-tulisan yang ada. Tulisan berisi pengetahuan dari masa lalu, masa saat penulis membuatnya, masa saat sesuatu terjadi dalam dunia.
Tulisan menceritakan sejarah.
Tulisan menunjukkan akar kebudayaan.
Untuk memahami kebudayaan, bacalah tulisan.
Untuk memahami tulisan, bacalah secara harfiah. Pahami kata demi kata.
.
.
Mari kita mulai.
Otak : Yang baca mulai pusing, bosque.
Gua : This post separates the weak from the strongest of every kin !
Otak : What
Gua : LANJUT !
.
Kata populer.
Log.
Tulisan. Catatan. Rekaman peristiwa.
Masukkan ke web dan jadilah web log. Web log. Weblog. Blog.
Buat dalam bentuk video dan jadilah video log. Video log. Vlog.
.
Kata serapan.
Kulkas.
Asal : Negeri Kincir Angin.
Kul diserap dari kata yang bermakna 'dingin'. Kalau tidak salah, 'kuul'. 'Cool'.
Kas diserap dari kata yang bermakna 'kotak penyimpanan'. Mungkin dari akar yang sama yang membuat kata 'case' dalam Bahasa Inggris.
Kul kas.
Cool case.
Kotak pendingin.
Lemari pendingin.
.
Nama tempat.
Banyuwangi.
Banyu = air.
Wangi = bau yang nikmat untuk dicium.
Mungkin di daerah itu ada air yang enak dicium baunya ?
Mungkin sebuah sungai ? (Kira-kira apa yang menyebabkan airnya harum ya?)
Dengan persamaan tersebut, maka Banyuasin terletak di daerah berair asin, Banyumas terletak di daerah perairan berwarna keemasan, Banyu Urip merupakan daerah perairan yang 'memberikan kehidupan'.
.
Benua Amerika.
Nama 'Amerika' terbentuk katanya karena ditemukan oleh Tuan Amerigo.
Tapi diisi oleh Suku Indian, padahal "India" berada di Asia Selatan.
Otak : What the-
Gua : Kalau nggak salah, Christoforo Colombo (Yap. "Christopher Columbus") mengira tempat itu sebagai "India" sehingga penghuni lokal dinamai "Indian". Sesederhana itu.
Otak : What the-
Gua : History, amigo mio.
.
Nama merupakan kebanggaan. Banyak produsen memasang namanya di produk buatannya.
Adidas.
Adi Das.
Adi Dassler. Dan "Adi" adalah panggilan untuk Adolf, sehingga jadilah Adolf Dassler. Pembuat sepatu.
Apa yang terjadi ketika Enzo Ferrari memancing Ferruccio Lambhorgini ? Perang mobil sport.
Jangan lupa beri salam kepada Tuan Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha, dan kawan-kawan.
Anda punya anak pertama ? Berilah nama yang menunjukkan hal tersebut !
Alif (dari Bahasa Arab untuk huruf A)
Alva/Alfa (dari Bahasa Yunani untuk huruf A juga)
Otak : Agak mirip, bosque.
Gua : Sepertinya mereka berasal dari akar bahasa yang sama.
Yang lebih Indonesia : Pratama atau Pratomo.
Otak : Agak mirip "pertama" ya.
Gua : Yoi.
.
Nama saya sendiri.
Renato.
a) dari Renata. Re Nata. Re = kembali. Nata = kelahiran. "Kelahiran kembali" ?
b) dari Reynato. Rey Nato. Rey = Raja. Nato = kelahiran. "Kelahiran seorang raja" ?
Yang manapun, maknanya keren.
Simon.
Variasi : Simone, Simeon, Simeone, Shimon.
Hasil Googling, katanya bermakna "dia telah mendengar". Nice.
Kesimpulan : "Kelahiran seorang raja yang telah mendengar" ? Seorang raja ? Raja atas apa ? Apa yang dia telah dengar ? Apa mungkin dia suka mendengarkan ?
Otak : Begitu banyak interpretasi, bosque.
Gua : Keren kan ? Nggak ada makna yang pasti gitu. Semua bisa dimaknai sesuai pengalaman hidup dan harapan akan masa depan.
Otak : Kok gokil
Gua : Mantab jiwa
Otak : Itukah yang menyebabkan tadi lu Googling dan menemukan bahwa lu sedang memperhatikan seorang "putri" atau "wanita bangsawan" ?
Gua : It would be a perfect match for a king.
Otak : Beautiful. Truly gorgeous, M'Lord.
Gua : Together we shall rule the lands !
Otak : Stop. Imajinasi lu sudah mulai melewati batas.
Gua : Understood, sire. Moving on to the next topic !
.
.
Hidup kita dipenuhi kata-kata.
Kata mengandung makna.
Makna tersebut ditanamkan saat kata tersebut dibuat, dan sebuah kata pastinya dibuat di masa lampau, masa sebelum kata itu diterima dan digunakan oleh masyarakat secara luas.
Dari bahasa manapun, sebuah kata menjadi representasi tingkat pengetahuan dan kebudayaan (singkatnya, tingkat peradaban) bangsa yang menciptakan kata tersebut.
Apakah kata tersebut berasal dari bahasa lokal ?
Apakah kata tersebut merupakan serapan dari bahasa yang sudah populer ?
Otak : Saya makin tidak paham dengan inti dari tulisan ini ? Apakah ada suatu kesimpulan ?
Gua : Segera.
.
Bukankah menyenangkan dan berarti untuk memahami setiap kata yang kita hadapi ?
Bagaimana kota tersebut bernama demikian ?
Apa harapan seorang ayah dan ibu yang ditanamkan ke anaknya ?
Kenapa alat tersebut bernama demikian ? Apakah dari nama penemunya, atau mungkin fungsinya ?
Secara pribadi, menurut saya ini adalah kegiatan yang menarik.
Cukup dengan melihat sesuatu dan sedikit bertanya, kita bisa memanfaatkan sumber daya di sekitar kita untuk menggali informasi yang lebih dalam lagi untuk memahaminya.
Pengetahuan baru.
Pengetahuan memberikan kebijaksanaan.
Kebijaksanaan membuat pengambilan keputusan menjadi lebih baik.
Keputusan yang baik menghasilkan aksi tindaklanjut dilaksanakan dengan baik.
Aksi yang baik menghasilkan keluaran yang baik.
Kebaikan menghasilkan kebaikan lainnya.
Kebaikan dari akar menghasilkan buah yang baik.
Pemahaman akan sesuatu dari akarnya, dari asalnya, dari semangat yang menciptakannya, akan memberikan pemahaman yang benar, yang hakiki, yang fundamental. Pemahaman ini yang harusnya dimiliki oleh semua orang. Jika suatu pemahaman dimiliki semua orang, maka semua orang sepaham. Jika semua orang saling memahami, maka ada toleransi. Pemahaman dan toleransi mendasari kehidupan antar manusia yang baik dan beradab. Konflik itu biasa, manajemen konfliklah yang lebih penting.
.
Otak : Bos, tulisan ini jadi makin filosofis-persuasif.
Gua ; Inilah yang terjadi ketika mahasiswa teknik membahas sastra.
.
Tetaplah mengamati.
Tetaplah bertanya.
Tetaplah mencari jawaban.
Tetaplah memahami.
Tetaplah berkomunikasi.
Tetaplah hidup.
Tetaplah hidup, secara harfiah.
Tetaplah menghidupi hidup yang menyenangkan.
.
Salam hormat,
(ttd)
Mahasiswa Teknik.
.
.
.
PS
Otak : Harfiah. Rasanya kayak Bahasa Arab bos (ada akhiran -iah itu lho)
Gua : Setuju. Dan rasanya 'harf' berasal dari kata yang juga mendasari 'huruf'
Otak : Kok rasanya masuk akal. 'Harfiah' = 'berdasarkan huruf-hurufnya (kata-nya)'.
Gua : Yes.
Otak : Kok nice bet
Gua :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar